Terdakwa Pembunuh Raafi Divonis Bebas

  • Mandat Pasukan UNAMID di Darfur Diperpanjang

Liputan6.com, Jakarta: Sher Muhammad Febry Awan alias Febry, terdakwa kasus pembunuhan siswa Panghudi Luhur Raafi Aga Winasya Benjamin November 2011 lalu divonis bebas majelis hakim. Terdakwa dibebaskan dari segala tuntutan Jaksa Penuntut Umum.

“Mengadili tidak terbukti secara sah terhadap terdakwa atas tindak pidana pembunuhan, pengeroyokan, dan penganiayaan. Sebagaimana dalam dakwaan kesatu, kedua, dan ketiga,” kata Ketua majelis Hakim M Razaad di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (31/7).

Razaad menambahkan, majelis hakim membebaskan terdakwa dari segala dakwaan karena tidak terbukti sebagaimana diatur dalam pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dan juga pasal 351 ayat 1 KUHP tentang penganiayaan jonto pasal 55 KUHP.

“Membebaskan terdakwa dan mengeluarkan terdakwa dari tahanan dan menyatakan pemulihan hak,” ucapnya.

Mendengar putusan bebas tersebut, Jaksa Penuntut Umum, Dedi Soekarno menyatakan masih berpikir untuk mengajukan banding.

Sedangkan, terdakwa merasa bahagia mendengar putusan bebas tersebut, ia merasa yakin karena dewi keadilan merasa menghampirinya.

“Saya percaya hukum masih ada, kepada jaksa saya ucapkan terima kasih,” kata Febri sembari meneteskan air mata.

Mendengar putusan itu, orangtua Febri dan pendukungnya dari organisasi Special Corps (SC-234) menyerukan takbir dan yel-yel organisasi mereka.

Seperti diketahui, sidang kasus ini sudah dimulai sejak April lalu. Namun sidang yang sudah menghadirkan 41 orang saksi yang dihadirkan oleh JPU, ini tidak melihat Febry sebagai penusuk Raafi begitu juga barang bukti berupa baju kotak-kotak berwarna biru milik Febry yang dikatakan ada noda darah tidak bisa dibuktikan.

Sebelumnya, Febry juga didakwa oleh JPU dengan pasal berlapis. Dia dikenakan Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan, Pasal 170 ayat 2 KUHP tentang pengeroyokan, dan pasal 351 ayat 3 Junto 55 KUHP tentang penganiayaa dan menuntut terdakwa selama 12 tahun penjara. (ADI/FRD)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s