Tiga Pemain Jerman yang Harus Diwaspadai Italia

Tiga Pemain Jerman yang Harus Diwaspadai Italia

Bola – / Kamis, 28 Juni 2012 14:38 WIB


Mesut Ozil.

Metrotvnews.com, Warsawa: Duel klasik akan mempertemukan Italia dengan Jerman di babak semi-final Piala Eropa 2012. Laga akan berlangsung di Stadion Narodowy, Warsawa, Polandia, Jumat (29/6) dini hari WIB.

Pemenang duel sengit ini sudah ditunggu Spanyol di partai final. Sang juara bertahan itu mengalahkan Portugal 4-2 melalui babak adu penalti, Kamis (28/6) dini hari WIB.

Jerman dan Italia sudah bertemu delapan kali di turnamen besar, yakni Piala Dunia dan Piala Eropa. Sepanjang pertemuan itu, Der Panzer tak pernah mengalahkan Azzurri. Terakhir kali bertemu, Italia menang 2-0 di semi-final Piala Dunia 2006.

Jerman hanya mampu mengalahkan Italia tujuh kali, itu pun di pertandingan persahabatan. Total pertemuan kedua tim di berbagai ajang 30 kali, tujuh kali Jerman menang, sembilan kali Italia menang, dan sisanya 14 pertandingan berakhir imbang.

Meski tidak diunggulkan lawan Italia, namun pasukan Joachim Low pada kompetisi ini menunjukkan performa luar biasa. Mereka mencatat empat kemenangan alias seratus persen di Piala Eropa 2012, yakni lawan Portugal, Belanda, Denmark, dan Yunani.

Sementara pasukan Cesare Prandelli menang dua kali dan dua lagi imbang. Di babak perempat-final, mereka menyingkirkan Inggris lewat adu penalti. Agresivitas Jerman layak diperhitungkan Italia. Berikut ini tiga pemain Jerman yang harus diwaspadai Andrea Pirlo dkk.

1. Philipp Lahm

Kapten tim ini tampak solid dalam mengawal pertahanan tim. Ia tidak mengenal lelah dalam membantu serangan dari sayap. Ia merupakan pemain terbaik kedua di skuat Jerman, setelah Bastian Schweinsteiger, dalam urusan passing. Usaha passing-nya mencapai 308 kali dan 252 menunjukkan akurasi alias 82 persen.

Sejauh ini Lahm mampu tampil konsisten. Ia layak diwaspadai, terutama pergerakannya di sisi sayap. Barisan striker maupun gelandang Italia yang ingin menusuk melalui sisi kiri pertahanan Jerman harus lebih dahulu menaklukkan ketangguhkan sang full-back.

Lahm ikut mencetak gol, yakni saat Jerman menang 4-2 atas Yunani di babak perempat-final, tepatnya pada menit ke-39. Ini menunjukkan ia juga bisa membantu tim dalam menyerang.

2. Bastian Schweinsteiger

Meski sempat diragukan kebugaran fisiknya jelang kompetisi digelar, toh sang gelandang menunjukkan penampilan impresif. Ia merupakan pemain terbaik dalam urusan passing. Ada 353 passing yang dilakukan dan 291 menemui akurasinya alias 82 persen. Sudah lima usaha crossing yang dilakukannya.

Schweinsteiger banyak membantu tim dalam urusan mencetak gol. Ini dibuktikan dengan dua assist, yakni di pertandingan kontra Belanda. Pada menit ke-24 dan 38, ia memberi assist untuk dua gol Mario Gomez dalam pertandingan krusial ini.

Meski tidak memberi assist saat menang 1-0 atas Portugal, namun pergerakannya sangat berbahaya dan kerap merepotkan pertahanan lawan, sehingga layak menjadi pemain terbaik dalam pertandingan tersebut.

Schweinsteiger dikabarkan sudah pulih dari cedera dan bisa tampil di pertandingan lawan Italia nanti. Ia layak diwaspadai karena tidak jarang mengirimkan umpan-umpan yang berbahaya di depan gawang.

3. Mesut Ozil

Inilah pemain Jerman yang paling banyak menciptakan assist untuk gol rekan-rekannya. Sejauh ini ada 278 passing yang dilakukan dengan 195 menemui akurasi alias 70 persen. Ozil terbilang pemain yang paling banyak di skuatnya yang melepaskan crossing, 19 kali dengan tujuh kali menemui akurasi.

Ozil sudah bermain sebanyak 348 menit dengan menciptakan tiga assist. Pertama, untuk gol Lars Bender pada menit ke-80 saat menang 2-1 atas Denmark. Kedua, untuk gol Lahm pada menit ke-39 saat menang 4-2 atas Yunani. Ketiga, untuk gol Miroslav Klose pada menit ke-68 di pertandingan yang sama.

Ozil memiliki empat peluang mencetak gol, sama seperti Schweinsteiger. Ia terbilang cerdas dalam membaca permainan. Umpan-umpannya pun terbilang sangat akurat. (goal/DOR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s