Layang-layang Bali Kuasai Pasar Internasional

Layang-layang Bali Kuasai Pasar Internasional

Yudhi Wibowo

18/06/2012 07:32

Liputan6.com, Jakarta: Layang-layang Bali sudah terkenal hampir di seluruh belahan dunia. Ini tentu karena kualitas dan karya seni yang terkandung didalamnya.

Ternyata membuat layang-layang tak sekadar menjadi mainan belaka. Namun dengan lukisan yang indah layangan pun bisa menjadi sebuah pajangan karya seni.

Inilah kiat khusus yang dijalankan I Nyoman Nadha sehingga berhasil menguasai pasar domestik sekaligus internasional hingga lima belas tahun lamanya.

Menurut I Nyoman Nadha, usaha yang dirintis sejak 1992 ini, pertama kalinya idenya datang dari seorang tamu Amerika Serikat. Usaha yang sudah berjalan 15 tahun ini, berhasil setelah mengalami beberapa inovasi, seperti teknik pewarnaan, kerangka, serta pembuatan layang tiga dimensi.

“Melalui standar ekspor dengan produksi 3.000 buah per bulan, usaha ini mampu mengerjakan karyawan hingga 50 orang,” katanya.

Dijelaskan I Nyoman Nadha, hal pertama yang dilakukan dalam pembuatan layang-layang ini adalah pemilihan bahan baku yang baik. Bahan pokok untuk pembuatan layang-layang adalah bambu yang kering dan tidak dimakan rayap. Bahan lain adalah kain yang bagus dan tidak berat untuk layangan.

Langkah selanjutnya adalah memasang kayu dengan kain yang sudah dilukis sebelum dipasang benang. Dengan kualitas yang tetap dijaga, usaha layangan ini bisa merambah pasar domestik maupun ekspor. Salah satu negara yang rutin melakukan permintaan adalah Prancis.(IAN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s