Jangan Biarkan Air Hujan Terbuang Sia-sia

Hidayat: Jangan Biarkan Air Hujan Terbuang Sia-sia

Rochmanuddin

18/06/2012 07:48

Liputan6.com, Jakarta: Calon kandidat gubernur DKI, Hidayat Nur Wahid atau yang akrab disapa HNW mengatakan, program revitalisasi setu (serapan air) sangat penting. Banyak manfaat untuk kepentingan Jakarta dengan adanya setu.

“Sekali lagi bahwa merevitalisasi setu adalah program untuk menghidupkan banyak kepentingan, mengurangi banjir, air bersih, ruang rekreasi dan sekaligus ruang terbuka hijau bagi warga,” ujar HNW saat mengunjungi Setu Babakan, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (17/6) sore.

HNW mengatakan, kunjunganya ke Setu Babakan selain bersosialisasi dengan warga DKI, juga sekaligus ingin melihat kondisi Setu Babakan yang dianggap sebagai setu terbaik di Jakarta. Agar ke depan pengelolaan setu dapat menjadi lebih baik. “Dia harus menjadi rujukan setu-setu yang lain di Jakarta yang ada sekitar 43 setu. Yang operasional hanya 13 saja, yang 30 bermasalah. Kalau ini bisa dijadikan model, ini bisa menyelematkan Jakarta dari mangsa banjir,” ujarnya.

Lebih lanjut, HNW mengatakan, sebagian air hujan di Jakarta terbuang sia-sia. Dengan adanya setu-setu di Jakarta, dapat menampung air hujan dari selokan-selokan rumah warga. Sehingga tidak membanjiri warga DKI.
“Dengan penampungan setu, bukan hanya mengurangi banjir, tetapi juga bisa menjadi air PAM atau air bersih. Jadi dengan melihat Setu Babakan ini, nanti akan merevitalisasi lebih dari 30 setu yang ada di Jakarta,” ujarnya.

Selain itu, HNW juga berniat akan memperhatikan setu di luar Jakarta, seperti di Depok dan Bogor. Karena air sungai jika semakin banyak dialirkan, aliranya akan semakin kecil. “Nah setu ini bisa menampung air sungai, di daerah bisa menjadi irigasi, selain juga sebagai wisata,” tandanya. (ARI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s