Ungkap Proyek Fiktif Kejagung Rangkul Ahli Lingkungan

Ungkap Proyek Fiktif Kejagung Rangkul Ahli Lingkungan

Edward Pangabean

13/06/2012 07:51
Liputan6.com, Jakarta: Kejaksaan Agung meminta bantuan Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungkan untuk meneliti sisa tanah di lahan proyek bioremediasi, lahan bekas eksploras PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang berlokasi di Kabupaten Duri, Pro�vinsi Riau.

“Kami berupaya mengambil menunjuk satu ahli yg sifatnya independen, kita bertujuan fair, terbuka kami menunjuk meminta bantuan kepada Pusardalda yaitu Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungkan,” kata Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejagung, M Adi Toegarisman kepada wartawan dikantornya, Jakarta, Selasa (12/6).

Hasil pemeriksaan ini, lanjut Adi nantinya akan dilampirkan ke dalam berkas perkara untuk dimasukkan dalam barang bukti untuk pembuktian. “Hasilnya kami buktikan di proses persidangan untuk pembuktian untuk mencari kebenaran materiil,” tandas Adi.

Sebelumnya tim penyidik telah memeriksa dua lokasi proyek bioremediasi di Duri, Riau, pada tanggal 9-13 April 2012. Dari lokasi, penyidik mengambil sampel proyek bioremediasi, mulai dari penampungan tanah yang terkena limbah, pengecekan tanah yang sedang diproses bioremediasi, hingga hasilnya.

Dalam kasus dugaan proyek fiktif bioremediasi PT CPI, Kejagung telah menetapkan tujuh orang tersangka, proyek ini diduga merugikan negara negara Rp 270 miliar. Pihak Kejagung juga sudah mencekal 7 tersangka dalam kasus proyek fiktif di perusahaan milik Amerika itu.

Dari 7 tersangka itu, 5 di antaranya merupakan karyawan PT Chevron, perusahaan raksasa migas di Indonesia. Sedangkan dua tersangka lainnya, merupakan karyawan dua perusahaan rekanan yang mengerjakan proyek bioremediasi itu. Proyek lingkungan ini sendiri dikerjakan sejak tahun 2003 hingga tahun 2011 di Riau. (ARI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s