Mandulnya “Si Nyonya Tua”

Mandulnya “Si Nyonya Tua”

Juventus ME Gunawan

14/03/2012 17:45 | Juventus

Mandulnya "Si Nyonya Tua"

Liputan6.com, Turin: Kompetisi Serie A Italia memasuki minggu atau giornata ke-28. Dalam 27 pekan yang telah dilalui, Juventus tampil sebagai tim dengan lini pertahanan yang terbaik, yaitu baru kebobolan sebanyak 17 gol atau rata-rata kemasukan 0,63 gol per pertandingan. Namun, di sisi lain, terungkap fakta bahwasanya La Vecchia Signora kurang menunjukkan ketajamannya di depan gawang lawan. Dalam arti, para bomber yang dimiliki Bianconeri pantas dibilang mandul!

Kurang produktifnya penyerang andalan Antonio Conte tersebut menjadi perhatian dua harian terkemuka di Italia, La Gazzetta dello Sport dan La Stampa. Dalam edisinya pada Rabu (14/3) ini, Gazzetta melampirkan sejumlah bukti di balik kemandulan para striker Si Nyonya Tua.

Dari 27 laga yang telah dilalui, Juve sejatinya tampil sebagai tim dengan jumlah tendangan ke gawang (shots) yang terbanyak, yaitu 172 kali. Namun, hasilnya, Juve baru mampu mencetak 39 gol. Artinya, para pemain Bianconeri rata-rata membutuhkan 4,4 tendangan untuk menjebol gawang lawan.

Beda halnya dengan AC Milan yang kini berada di posisi puncak klasemen dengan keunggulan tiga poin dari Juve. La Stampa menyorot rata-rata jumlah tendangan yang membuahkan gol yang ditoreh Rossoneri, yaitu 157 kali (shots) dan menghasilkan 55 gol. Artinya, rata-rata Milan membutuhkan 2,8 tendangan untuk mencetak satu gol.

Selain soal rasio tendangan ke gawang dan jumlah gol yang diciptakan, muncul bukti lain yang membuktikan kemandulannya para bomber Juve. Dari jumlah 39 gol tersebut, 16 gol di antaranya atau hanya 41 persen, tercipta lewat jasa para striker seperti Alessandro Del Piero, Mirko Vucinic, dan Fabio Quagliarella. Prosentasi (41 persen) tersebut membuat Juve hanya unggul dari tiga klub: Novara, Catania, dan Udinese, yang mempunyai prosentasi terendah.

Lebih jauh, dari 39 gol tersebut, 17 gol di antaranya dihasilkan dari pemain yang bertugas sebagai gelandang, di antaranya Claudio Marchisio yang mencetak enam gol dan Simone Pepe yang mengoleksi lima gol. Mandulnya Marchisio dan Pepe dalam dua bulan terakhir—Marchisio terakhir kali menjebol gawang Cesena (4 Desember) dan Pepe ke gawang Novara (18 Desember)—turut mempunyai andil dalam turunnya grafik penampilan anak-anak asuhan Antonio Conte.

Sejak laga lawan Novara, La Vecchia Signora hanya mampu meraup 19 poin (57,5 [persen) hasil empat kali menang dan tujuh kali imbang dari maksimal 33 poin. Tak berlebihan jika puncak klasemen kini ditempati Rossoneri.(MEG/Football Italia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s