Anak Buta yang Melihat dengan Telinga

Anak Buta yang Melihat dengan Telinga

Tahukah Anda fakta tentang kelelawar? Kelelawar adalah binatang yang tak tak mempunyai fungsi mata. Ia melihat dengan pantulan gelombang ultrasonik yang diterima telinga kemudian ia gambarkan. Nah sama seperti kelelawar, ternyata ada seorang anak yang dapat melihat menggunakan telinganya. Luar biasa!

Lucas Murray yang sudah buta sejak lahir ini mulai belajar untuk menggambarkan lingkungannya lewat suara gema yang diterima telinganya. Bagaimana anak 7 tahun itu melakukannya?

Dia mengklik lidahnya di langit-langit mulutnya, dan menemukan di mana objek didasarkan pada bagaimana bunyi memantul kembali. Teknik yang luar biasa ini memungkinkan dia untuk berjalan di sekitar taman bermain, bermain basket, dan bahkan pergi panjat tebing.

“Saya sangat menyukai sistem mengklik tapi cukup sulit untuk belajar.” Saya suka basket. Saya bisa menggunakan klik untuk mencari tahu di mana lingkaran itu adalah diriku sendiri dan melemparkan bola,” ungkap bocah yang diberi julukan ‘Batboy’ itu.

Teknik yang diberi nama ‘The Echolocation’ itu dipelajarinya dari Daniel Kish, 41 tahun, orang yang mendirikan yayasan amal untuk orang buta.

“Sekarang dia begitu mandiri, dia tidak perlu meminta bantuan siapapun yang normal,” ungkap ibunya, Sarah (33) dengan senang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s