PSSI Jajaki Kerja Sama dengan Aljazair

PSSI Jajaki Kerja Sama dengan Aljazair
Ferril Dennys | Laksono Hari W | Rabu, 22 Februari 2012 | 18:45 WIB

Ferril Dennys

Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin (kiri) dan Duta Besar Indonesia untuk Aljazair Ahmad Ni’am Salim saat jumpa pers di Kantor PSSI, Rabu (22/2/2012).

JAKARTA, KOMPAS.com – Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) akan menjalin kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Ajazair (FAF). Salah satu bentuk kerja samanya adalah menyelenggarakan friendly match antarkedua negara.

“Ini merupakan ide dari Duta Besar Indonesia untuk Aljazair, Ahmad Ni’am Salim. Dia berinisiatif bertemu dengan Presiden FAF (Mohamed Raouraoua). Kami menyambut baik ide tersebut,” kata Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin kepada wartawan di kantor PSSI, Rabu (22/2/2012) sore.

Djohar mengatakan, selain menggelar laga persahabatan, bentuk kerja sama lain antarkedua federasi meliputi coaching clinic untuk pelatih dan pemain serta pengiriman pemain muda Indonesia untuk berlatih di Aljazair. “Dari ranking FIFA, Aljazair lebih baik daripada Indonesia. Jadi ini kesempatan yang baik bagi kita. Namun, kerja sama ini harus ada MoU-nya sehingga ada payung hukumnya. Jadi kami belum bisa menjelaskan detail kerja samanya,” kata Djohar.

Tim nasional sepak bola Aljazair pernah lolos ke putaran Piala Dunia pada 1982, 1986, dan 2010. Di Piala Afrika, Aljazair juga pernah sekali merebut gelar juara pada 1990. “Oleh karena itu, kesempatan ini bagus buat pemain Indonesia untuk mengembangkan skill dan pengalaman bermain timnas kita,” jelas Djohar.

Menurut Djohar, PSSI tidak ingin semata-mata hanya bekerja sama di bidang sepak bola saja. Indonesia juga ingin agar hubungan ini menyentuh bidang wisata di mana Indonesia dapat menjadi negara kunjungan bagi warga Aljazair.

Sementara itu, Ahmad Ni’am Salim mengatakan bahwa FAF memiliki keinginan besar untuk menjalin kerja sama dengan PSSI. Pasalnya, Aljazair dan Indonesia memiliki hubungan historis yang baik. Salah satunya ditunjukkan saat Indonesia memberikan dukungan kepada Aljazair dalam revolusi melawan Perancis.

“Sepulang dari Indonesia, saya langsung menemui Presiden FAF. Mereka berharap bisa bertanding melawan Indonesia sebelum musim panas,” kata Ahmad.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s