Lampaui Dell, Lenovo Raih No 2 Pasar PC Dunia

Lampaui Dell, Lenovo Raih No 2 Pasar PC Dunia
Wicak Hidayat – detikinet

Browser anda tidak mendukung iFrame

PC ThinkCentre (lenovo)

Jakarta – Lenovo untuk pertama kalinya menduduki posisi No 2 dunia setelah melampaui Dell. Hewlett-Packard (HP) masih kokoh di No 1.

Data posisi ini dilaporkan baik oleh Gartner maupun IDC, dua lembaga riset terkemuka dunia. Meskipun, keduanya mencatatkan persentase yang agak berbeda.

Seperti dikutip detikINET dari Reuters, Kamis (13/10/2011), data Gartner menempatkan HP di posisi pertama dengan pangsa pasar 17,7 persen. Sedangkan IDC mencatat angka 18,1 persen.

Menurut Gartner, Lenovo ada di posisi kedua dengan angka 13,5 persen. Ini melampaui Dell yang disebut memiliki pangsa pasar 11,6 persen.

IDC juga mencatat Lenovo di posisi kedua dengan kisaran 13 persen. Dell tersandung ke posisi tiga dengan kisaran 12 persen. Menyusul kemudian adalah Acer (10 persen) dan Asus (6,5 persen).

Semua angka itu adalah untuk kuartal ketiga 2011.

Penjualan PC, yang mencakup komputer desktop dan laptop, secara global dikatakan masih mengalami pelemahan. Ini karena perangkat smartphone dan tablet lebih menarik bagi konsumen. Di sisi lain, korporasi banyak yang menghemat pembelian komputer.

Namun, analis IDC yakin pertumbuhannya akan nampak lebih baik pada 2012 seiring hadirnya perangkat ‘ultra mobile‘. “Kuartal empat pertumbuhannya masih satu digit, namun akan lebih cepat di 2012,” ujar Jay Chou, senior research analyst IDC.

Mikako Kitagawa, principal analyst di Gartner, mengatakan melemahnya pasar PC akan makin mendorong konsolidasi. Contohnya, ujar Kitagawa, merger Lenovo dan NEC serta perubahan strategi yang akan diumumkan HP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s