Pendanaan Islami USD 1,2 Miliar Axis Sabet ‘Deal of The Year’

Pendanaan Islami USD 1,2 Miliar Axis Sabet ‘Deal of The Year
Ardhi Suryadhi – detikinet

Browser anda tidak mendukung iFrame

Saat acara peresmian pembiayaan (axis)

Jakarta – Pembiayaan perusahaan senilai USD 1,2 miliar yang telah dijalankan Axis dinobatkan sebagai ‘Deal of the Year’ pada ajang Euromoney Islamic Finance Awards 2012.

Menyoroti keunggulan di bidang keuangan Islami global, Euromoney mencatat Axis sebagai anak perusahaan Saudi Telecom Company di Indonesia, menandatangani transaksi pembiayaan senilai USD 1,2 miliar tahun lalu dengan sejumlah insitusi keuangan internasional.

Penghargaan Euromoney ini sendiri memiliki penilaian dari sisi aplikasi praktek pembiayaan Islami, mitigasi risiko terkini, efisiensi dan efektifitas serta kecepatan waktu pelaksanaan di samping memberikan sumber daya.

“Axis sangat senang menerima penghargaan ‘Deal of The Year’ untuk transaksi pembiayaannya. Penghargaan Euromoney dikenal sebagai sebuah standar emas di industri dan kami merasa sangat bangga menjadi operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang memenangkan penghargaan ini,” tukas Erik Aas, Chief Executive Officer, dalam keterangannya, Selasa (14/2/2012).

Ghassan Hasbani, Chief Executive Officer Saudi Telecom International Operations menambahkan, Axis telah mengalami kemajuan signifikan beberapa tahun ini dan menghasilkan pendapatan perusahaan lebih dari 100% tahun lalu serta memberikan kontribusi signifikan bagi kinerja group secara keseluruhan.

“Transaksi pembiayaan senilai USD 1,2 miliar ini akan memungkinkan perusahan untuk meningkatkan layanan broadband yang ditawarkan bagi pelanggan, sehingga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan yang ada di pasar yang sangat kompetitif,” imbuhnya.

Pembiayaan Axis senilai USD 1,2 miliar dianggap sebagai salah satu transaksi keuangan Islami terbesar di Asia dan salah satu transaksi pembiayaan internasional terbesar di Asia Timur selama 2011.

Pembiayaan ini dilaksanakan oleh Swedish Export Credit Agency (ECA) dan Chinese Banks. Adapun penggunaannya adalah untuk membantu mendanai ekspansi Axis di layanan mobile broadband, meningkatkan jangkauan secara nasional dan mendukung strategi pertumbuhan perusahaan untuk tiga sampai lima tahun ke depan.

“Pembiayaan Axis dinilai dari jumlah transaksi, inovasi dan kompleksitas. Transaksi ini merupakan transaksi Islami pertama di Indonesia yang memanfaatkan garansi dari agensi promosi FDI Bank dunia, MIGA. Transaksi diharapkan berlangsung untuk lebih dari tujuh tahun dan akan membantu mendanai pertumbuhan dan ekspansi perusahaan untuk lima tahun ke depan,” tambah Clive Horwood, Editor Euromoney.

Sektor telekomunikasi Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang sehat selama beberapa tahun terakhir karena meningkatnya penetrasi internet dan komunikasi seluler.

Saat ini jumlah pelanggan Axis sudah berada di angka 17 juta dan layanannya telah tersedia di lebih dari 400 kota di seluruh Indonesia hanya dalam waktu kurang dari empat tahun operasionalnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s